BAB Tentang Sunnah Bagi Orang Yang Minta Izin Bila Ditanya “Siapa Kamu?” Untuk Menyebutkan Namanya dan Makhruhnya Kalau Menjawab Dengan “Saya”

Posted: 11 April 2010 in Al-Hadits

1. Dari Anas r.a di dalam hadits tentang Isra’ yang telah masyhur, dimana ia berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Kemudian Jibril membawa aku naik ke langit dunia dan minta dibukakan pintu langit, maka ditanya “Siapa ini?”. Ia menjawab “Jibril”. Ditanya lagi “Dengan siapa?”. Ia menjawab “Muhammad”. Kemudian ia naik pada langit ke dua, ke tiga, ke empat dan seterusnya. Pada setiap pintu langi ditanya “Siapa ini?”. Maka ia menjawab “Jibril” [HR. Bukhori dan Muslim]

2. Dari Abu Dzarr r.a berkata “Pada suatu malam saya keluar, tiba-tiba saya berpapasan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berjalan sendirian. Waktu itu saya berjalan dalam keadaan terang bulan, kemudian beliau menoleh dan melihat saya, lantas bertanya “Siapa ini?”. Saya menjawab “Abu Dzarr” [HR. Bukhori dan Muslim]

3. Dari Ummu Hani’ r.a berkata “Saya datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang mandi dengan ditutupi kain oleh Fatimah, kemudian beliau bertanya “Siapa ini?”. Saya menjawab “Saya, Ummu Hani’. [HR. Bukhori dan Muslim]

4. Dari Jabir r.a ia berkata “Saya datang kepada Nabi sahllallahu ‘alaihi wa sallam dan mengetuk pintu, kemudian beliau bertanya “Siapa ini?” Saya menjawab “Saya” beliau bersabda “Saya, saya”, seakan-akan beliau membenci ucapan itu” [HR. Bukhori dan Muslim]

Leave a Reply

